15 Rekomendasi Mainan Bayi yang Cocok untuk Si Kecil

rekomendasi mainan bayi

Reviewbunda – Hai Mums dan Paps, apa kabarnya nih Si Kecil? Kali ini Momin mau ngasih 15 rekomendasi mainan bayi yang cocok untuk Si Kecil.

Momin mau tanya nih, kira-kira belakangan ini Mums dan Paps sering gak sih ajak main Si Kecil? Mungkin aja nih karena kegiatan kerja Mums dan Paps dilakukan secara online karena pandemi Covid-19, sekarang jadi malah banyak waktu untuk melihat perkembangan Si Kecil.

Mainan menjadi salah satu sarana hiburan yang dapat merangsang stimulasi tumbuh-kembang anak. Perkembangan melalui mainan tujuannya adalah agar Si Kecil menjadi lebih aktif, terutama mengenai perkembangan sensorik maupun motoriknya.

Baik yang berkaitan dengan perkembangan suara atau pendengaran, rasa, hingga sentuhan. Karena itu, Mums dan Paps juga harus mempertimbangkan fungsi dan tujuan dari mainan yang akan dimainkan bersama Si Kecil, terutama berkaitan dengan keamanannya saat bermain.

Tapi, Mums dan Paps bingung nggak sih? Kira-kira mainan apa yang cocok untuk bayi? Kali ini simak ulasan dari Momin, yuk!

Tips Memilih Mainan untuk Si Kecil

  • Mainan yang Berhubungan dengan Profesi atau Aktivitas Sehari-hari untuk Melatih Kreativitas dan Kemampuan Sosialisasi

Contoh: Masak-masakan, Dokter, Bercocok Tanam, Bermusik, dan lain sebagainya.

  • Mainan yang Mendukung Kemampuan Berpikir dan Menghafal

Kemampuan berpikir dan menghafal menjadi salah satu kemampuan dasar anak, seperti mengenal variasi warna, variasi bentuk, hingga menghafal angka dan abjad.

Tujuannya adalah untuk membantu Si Kecil melatih memori hafalan sebelum memasuki pendidikan formal nantinya loh Mums. Umumnya, mainan ini dilakukan pada anak diumur lebih dari 1 tahun.

Baca juga :   9 Rekomendasi Sepatu Olahraga Tanpa Tali Berkualitas Terbaik

Contoh: puzzle angka dan abjad, lego, dan lain sebagainya.

  • Mainan yang Melatih Anak Untuk Belajar Memecahkan Masalah

Puzzle potongan yang dirakit menjadi gambar utuh menjadi salah satu mainan yang dapat melatih anak untuk belajar memecahkan masalah. Mainan ini cenderung dimainkan pada anak-anak usia lebih dari 2 tahun.

Nah, kalau Mums dan Paps udah tau tipsnya, sekarang Doodle akan merekomendasikan 15 Mainan yang bisa dipertimbangkan untuk dilakukan bersama Si Kecil.

 

15 Rekomendasi Mainan Bayi

  1. Playmat atau Play Gym

Kata siapa bermain di matras hanya sekedar bermain? Nyatanya, Si Kecil yang seringkali bermain di atas matras justru banyak belajar. Karena Si Kecil mulai belajar untuk merangkak yang membantu meningkatkan kemampuan otot perut dan lengan Si Kecil.

Nah, mungkin Mums dan Paps bisa saja menaruh mainan menarik lainnya agar Si Kecil melihat dan mencoba meraih mainan tersebut.

  1. Rattle

mainan edukatif bayi

Rattle dapat membantu merangsang kepekaan bayi, terutama pendengaran Si Kecil. Suara yang dihasilkan dari Rattle yang digoyangkan dapat mengalihkan penglihatan dan pendengaran bayi untuk mengambil fokus Si Kecil.

  1. Teether

Usia bayi menjadi salah satu usia terpenting pertumbuhan fisik anak, termasuk pertumbuhan gigi yang mengakibatkan gusi menjadi gatal. Teether menjadi solutif bagi Mums agar Si Kecil tetap dapat mengeksplorasi mainan tanpa merusak atau mengganggu pertumbuhan giginya.

  1. Ring Stack

Mums tau gak kalau pada usia 7 bulan, bayi mampu memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya, bahkan timbul penasaran dan keingintahuan Si Kecil untuk memindahkan kemulutnya sendiri. Ring Stack dapat menjadi alternatif bagi Mums dan Paps agar Si Kecil dapat memindahkan benda (ring) ke tempat ring. Cocok banget untuk diletakkan di meja bangku bayi sembari tunggu masakan Mums di dapur! Dijamin anteng loh Mums!

  1. Stroller yang Dilengkapi dengan Mainan

mainan bayi, strollerStroller yang dilengkapi dengan mainan dapat merangsang bayi untuk bergerak dan bermain di waktu yang bersamaan.

  1. Mainan Gantung di Baby Bouncer

Khusus bagi Mums yang sibuk mengurus keperluan Paps tapi ingin Si Kecil tetap anteng bermain, maka baby bouncer menjadi alternatif agar Mums tidak terhambat menyelesaikan pekerjaan rumah. Biasanya, mainan di baby bouncer akan menggantung dan memiliki suara/musik yang cenderung tenang. Sehingga, saat Si Kecil memainkannya maka fokus Si Kecil akan teralihkan.

  1. Mainan yang Menghasilkan Musik atau Musical Learning Table

Paps bingung mau beli mainan apa untuk Si Kecil biar tetap aktif? Coba deh Paps beliin mainan yang menghasilkan suara. Stroller duduk dengan mainan yang menempel di bagian depan stroller juga bisa loh Paps!

  1. Boneka Tangan

mainan bayi, hand puppet

Mums dan Paps punya banyak waktu luang? Yuk coba main boneka tangan dengan Si Kecil, siapa tau ini juga mainan favorit bahkan jadi minat Si Kecil. Boneka tangan cenderung memiliki alur cerita, sehingga bayi akan lebih fokus mendengar, mengeluarkan ekspresi hingga bereaksi terhadap cerita itu sendiri.

  1. Soft Book

Buku cerita bergambar yang terbuat dari kain. Isi dari soft book ini biasanya adalah mengenai gambar-gambar hewan dengan warna yang mencolok dan besar.

Baca juga :   10 Rekomendasi Merk Sepeda Listrik Yang Bagus dan Harganya

Bahan buku yang terbuat dari kain menjadikan Mums dan Paps tidak perlu khawatir jikalau buku akan sobek atau Si Kecil terluka karena sudut buku. Karena, sudut buku tidak akan melukai Si Kecil.

  1. Pop-Up Book

Bayi sangat senang dengan variasi mainan yang beragam. Mainan yang timbul dari pop-up book salah satunya nih Mums. Jadi tidak hanya bermain, tapi juga edukatif.

  1. Puzzle Gambar Sederhana

mainan bayi, puzzleUntuk bayi pada usia lebih dari 10 bulan, Momin menyarankan agar Mums dan Paps bisa memberikan alternatif mainan bayi yang lebih bervariasi lagi.

Salah satunya puzzle gambar sederhana yang paling sedikit memiliki 3-5 potongan gambar. Biarkan Si Kecil membuat potongan gambar tersebut menjadi gambar yang utuh. Karena selain bermain, sekaligus dapat memicu perkembangan anak untuk memecahkan masalah.

  1. Puzzle Balok Kayu Kotak Angka 1-9

Tidak sedikit bayi berusia lebih dari 10 bulan mulai penasaran dengan mainan bayi yang edukatif dan menantang. Mums dan Paps juga harus membiasakan memberikan permainan yang lebih edukatif, salah satunya melalui urutan hitung angka pada puzzle balok kayu. Tapi, Paps harus ekstra sabar ya!

  1. Lego

mainan bayi, lego

Berbeda dengan puzzle, lego merupakan mainan bayi yang sedikit kompleks dimainkan sendiri. Ini  karena, terdapat bagian-bagian kecil untuk menunjang mainan ini.

Daripada khawatir tertelan, lebih baik jika Mums atau Paps ikut mendampingi Si Kecil saat bermain. Mums dan Paps juga harus menaruh perhatian lebih ya saat bermain Lego dengan Si Kecil!

  1. Kitchen Set

Kali ini, mainan dihadirkan khusus putri kesayangan si Paps nih! Kitchen Set!

Bayi perempuan cenderung melakukan apa yang terbiasa dilihat atau berdasarkan nalurinya saat melihat si Mums di dapur.

Baca juga :   9 Rekomendasi Kolam Renang Anak Terbaik Berkualitas

Meskipun Si Kecil belum tau secara jelas, tapi kitchen set menjadi salah satu mainan yang mengasah minat dan perhatian Si Kecil loh Paps!

  1. Bola Plastik Warna-Warni

Mums dan Paps dapat membelikan Si Kecil wadah bermain dan menempatkan Si Kecil didalamnya. Banyaknya jumlah bola plastik dengan warna cerah akan merangsang bayi untuk berfokus mengenali warna-warna yang terang.

Mainan bayi ini tidak akan membahayakan Si Kecil karena terbuat dari plastik. Namun, Paps tetap harus mendampingi Si Kecil, ya!

Nah, kira-kira sekarang Mums dan Paps mau coba mainan bayi yang mana dulu nih? Jangan lupa untuk tetap dampingi Si Kecil saat bermain, ya