5 Inspirasi Kerajinan Tangan Sederhana yang Bisa Dibuat di Rumah

DIY & tools515 Views

membuat kerajinan tangan, botol

ReviewBunda – Liburan bersama merupakan momen menarik yang tak boleh dilewatkan. Hangout mungkin terlihat menyenangkan, tapi bingung juga kan ya Mums mau ke mana? Atau mungkin Mums dan Paps lebih senang quality time di rumah aja? Nah, cocok banget dengan tema kali ini, yakni membuat kerajinan tangan sederhana bersama Si Kecil.

Daripada bingung mau hangout ke mana, mending Mums dan Paps ajari Si Kecil bikin kerajinan tangan sederhana.

Kali ini, Momin akan memberikan ide inspirasi kerajinan tangan sederhana untuk Mums dan Paps yang cocok untuk dilakukan saat weekend nanti.

Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Sederhana

Berlatih membuat kerajinan tangan terlihat sederhana tapi ternyata memiliki segudang manfaat. Membuat kerajinan tangan merupakan kegiatan yang membutuhkan kreativitas.

Mums dan Paps dapat berkreasi untuk menciptakan suatu benda. Bahkan, setiap kerajinan tangan yang dibuat tentu akan berbeda satu dengan yang lainnya. Unik bukan? Jadi, Mums dan Paps punya satu benda yang tidak dapat dimiliki orang lain.

Mums dan Paps dapat membuat kerajinan tangan di saat weekend sebagai salah satu hiburan yang membantu merileksan pikiran bahkan mengusir rasa stres karena penat akan pekerjaan.

Selain itu, membuat kerajinan tangan bersama anak dapat menjadi kegiatan yang membantu meningkatkan daya fokus, konsentrasi, hingga efektivitas pekerjaan Mums dan Paps.

Penasaran? Ini dia 5 inspirasi kerajinan tangan yang bisa Mums dan Paps coba bersama anak di rumah:

Inspirasi Kerajinan Tangan Sederhana

membuat kerajinan, origami kupu-kupu

Gantungan Hias Dinding Rumah dari Origami

Dinding rumah Mums terlihat sepi dan gak menarik dengan kerajinan tangan origami ini. Yuk, coba kerajinan satu ini.

 Alat dan Bahan:

  • Kertas origami berwarna
  • Gunting dan/atau cutter
  • Lem perekat,dan
  • Tali atau benang.

Cara Membuat:

  • Sediakan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  • Siapkan kertaslipat berbentuk persegi dengan berbagai warna.
  • Melansir laman Liputan6.com, Mums bisa melipat kertas origami menjadi dua bagian sama besar secara horizontal. Kemudian, buka kertas dan lipat kembali menjadi dua bagian sama besar pada sisi berlawanan. Dengan kata lain, Mums hanya perlu melipat satu kertas origami menjadi empat bagian.
  • Buka semua lipatan dan lipat sepanjang kedua diagonal agar terbentuk lipatan segitiga. Lalu buka lagi dan lipat sepanjang diagonal pada sisi berlawanan.
  • Lipat kertas mengikuti garis lipatan membentuk segitiga yang lebih kecil. Adapun caranya, Mums perlu melipat kertas secara horizontal membentuk persegi panjang, lalu masukkan sisi kiri dan kanan kertas ke dalam. Satukan lipatan pada bagian kiri dan kanan agar membtnuk segitiga yang simetris.
  • Lipat bagian ujung kanan segitiga ke atas. Lakukan hal yang sama pada segitiga di ujung kiri. Langkah ini akan membentuk kertas menjadi belah ketupat pada bagian depan.
  • Kemudian, balik kertas menjadi bentuk segitiga terbalik, lalu lipat bagian bawah melewati tepi atas sehingga ujung segitiga memanjang di atas.
  • Lipat ujung segitiga agar saling terkait.
  • Lipat kupu-kupu menjadi dua agar terbentuk sempurna.
Baca juga :   Bahan dan Cara Membuat Tempat Handphone dari Kain Flanel, Mudah dan Cepat

Jika bentuk kupu-kupu sudah jadi, Mums bisa membuat berbagai bentuk lainnya dengan varian kertas warna lain. Lalu potong tali atau benang dengan panjang yang sesuai dengan kebutuhan Mums.  Masukkan kebagian tubuh atau rekatkan dengan menggunakan lem perekat.

Jangan lupa beri jarak antar satu kupu-kupu dengan lainnya. Nah, hiasan kupu-kupu siap dipajang di dinding Mums.

membuat kerajinan tangan, botolBotol Bekas Menjadi Pot Bunga

Mums dan Paps suka nggak kalau ruangan yang ada tanaman hiasnya? Nah, ini saatnya Mums dan Paps berkreasi untuk membuat ruangan hijau Mums dari hasil tangan sendiri.

 Alat dan Bahan:

  • Botol plastik bekas;
  • Gunting dan/atau cutter;
  • Spidol;
  • Cat akrilik; dan
  • Tanah dan tanaman.

Cara Membuat:

  • Sediakan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  • Buat pola gambar yang diinginkan di atas permukaan botol menggunakan spidol.
  • Potong pola gambar yang telah selesai menggunakan gunting atau cutter.
  • Jangan lupa untuk memberikan beberapa lubang di bagian bawah botol, agar air tidak mengendap  saat Mums mencoba menyiramnya.
  • Berikan sentuhan warna menggunakan cat sesuai dengan apa yang Mums dan Paps inginkan. Mums juga dapat menambahkan hiasan sesuai dengan selera.
  • Terakhir, tuangkan tanah dan tanaman ke dalam pot yang sudah jadi. Indah bukan, Mums?

Stik Es Krim yang Disulap jadi Bingkai Foto

Stik es krim menjadi bahan alternatif bagi Mums dan Paps untuk membuat bingkai foto yang unik sesuai dengan kreasi Mums dan Paps.

Cara buat bingkai foto dari stik es krim terlihat mudah dan amat sederhana. Yuk, simak cara membuatnya.

Alat dan Bahan:

  • Stik es krim;
  • Gunting dan/atau cutter;
  • Lem perekat; dan
  • Tambahan hiasan lainnya, seperti cat warna, pita, bunga artifisial, dan lainnya (opsional, jika diperlukan).
Baca juga :   Cara Membuat Charger Baterai HP Sederhana dan Mudah

Cara Membuat:

  • Sediakan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  • Susun satu per satu stik es krim hingga membentuk persegi.
  • Gunakan lem untuk merekatkan antara stik es krim satu dengan yang lainnya.
  • Setelah terbentuk bingkai, Mums juga dapat menambahkan hiasan lainnya, seperti pita, dan lainnya untuk memperindah bingkai foto.
  • Jangan lupa memberikan kayu di bagian sisi belakang bingkai foto.
  • Sekarang Mums sudah bisa memasangkan foto yang ingin dipajang deh. Gimana Mums? Seru dan bermanfaat bukan?

Bunga yang Nggak akan Layu dari Kertas atau Koran

Alat dan Bahan:

  • Kertas atau koran;
  • Gunting;
  • Lem kertas; dan
  • Tali atau benang. (opsional, jika diperlukan)

Cara Membuat:

  • Sediakan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  • Gunting bagian kertas menjadi bentuk lingkaran atau ikuti alur potongan
  • Jangan lupa untuk merekatkan bagian ujung kelopak dengan menggunakan lem agar tidak terlepas.
  • Untuk membuat tangkai gunakan kertas yang digulung kecil hingga kokoh mulai dari bagian ujung atau sudut kertas. Kemudian, gunakan lem untuk merekatkan bagian ujung kertas agar tidak terlepas.
  • Terakhir, jadikan semua rangkaian bunga menjadi satu dengan menggunakan tali atau benang.

Tempat Penyimpanan Alat Tulis dari Kaleng

Alat dan Bahan:

  • Kaleng;
  • Cat atau pylox;
  • Kuas;
  • Selotip (opsional, jika diperlukan).

Cara Membuat:

  • Sediakan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  • Bersihkan bagian dalam maupun luar kaleng.
  • Mums dapat melepaskan stiker yang menempel pada bagian luar kaleng.
  • Mums dan Paps dapat langsung memberikan cat kaleng sesuai dengan selera dan kreativitas Mums.
  • Selotip dapat digunakan apabila Mums dan Paps ingin memberikan efek batasan bagian lain dari sisi botol agar tidak mengena saat disemprot dengan pylox.
  • Tunggu hingga cat atau pylox Setelah itu, kaleng siap dipakai untuk tempat penyimpanan alat tulis.
Baca juga :   Cara Membuat Tali Sepatu Unik Agar Tampilan Penuh Gaya

Itu dia 5 inspirasi kerajinan tangan sederhana yang bisa Mums dan Paps aplikasikan di rumah bersama Si Kecil. Selain memiliki nilai guna, hasil kerajinan tangan sederhana yang Mums dan Paps lakukan juga memiliki nilai jual, loh. Lumayan kan kalau bisa menghasilkan cuan???