Ini Cara Ajak Anak Belajar Kerajinan Tangan

DIY & tools, Tips616 Views

belajar kerajinan tangan 2ReviewBunda – Gimana kabar Si Kecil? Oh iya Mums, Si Kecil sudah diajari untuk belajar kerajinan tangan belum? Nyatanya, mengajari anak belajar kerajinan tangan terlihat sederhana saja, tetapi justru melibatkan banyak kemampuan Si Kecil loh, Mums.

Membuat kerajinan tangan untuk anak memiliki segudang manfaat, di antaranya meningkatkan kemampuan berimajinasi, kemampuan motorik, hingga kemampuan berpikir dan fokus untuk menyelesaikan karyanya sendiri.

Manfaat Belajar Kerajinan Tangan bagi Anak

  1. Melatih ketelitian, kesabaran, dan ketekunan
  2. Melatih daya imajinasi
  3. Melatih kemampuan motorik anak
  4. Melatih anak membuat dan menciptakan karyanya sendiri
  5. Mengembangkan kemampuan dan kreativitas anak untuk berpikir dan menyelesaikan masalah
  6. Menciptakan ruang obrolan antara orangtua dan anak

Cara Mengajak Anak Belajar Kerajinan Tangan

Waktu kecil anak di usia dini menjadi waktu berharga. Karena itu penting bagi Mums untuk juga mengajari anak belajar kerajinan tangan.

Oleh karenanya, ada banyak cara mengajari anak untuk membuat kerajinan tangan, berikut beberapa di antaranya:

  • Mengenalkan Si Kecil dengan Alat dan Bahan Kerajinan Tangan

Terdapat banyak alat dan bahan untuk membuat kerajinan tangan, salah satunya seperti gunting. Alat ini  seringkali digunakan, pada hampir setiap pembuatan kerajinan.

Karenanya, penting bagi Mums dan Paps untuk mengajari anak menggunakan gunting. Berikan pengetahuan pada anak jika gunting merupakan benda tajam yang bisa digunakan untuk memotong bentuk.

Namun, karena sifatnya yang tajam, Mums dan Paps harus seringkali mengingatkan sekaligus memeerhatikan keamanan Si Kecil.

Selanjutnya adalah lem. Bahan ini juga menjadi salah satu material yang kerap digunakan dalam membuat kerajinan. Anak perlu diperkenalkan karakteristik dan penggunaan dari bahan satu ini.

Ini karena, anak cenderung berlebihan dalam menggunakan lem, sehingga bisa saja kalau karya anak menjadi banyak gumpalan lem. Atau dikhawatirkan kalau karya anak menjadi mudah robek dan tidak cepat mengering.

Baca juga :   Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

belajar kerajinan tangan

  • Memberikan Arahan dengan Metode Step by Step 

Setiap kerajinan tangan tentulah memiliki langkah-langkah yang diperlukan untuk tercipta sebagai suatu karya. Karenanya, arahan menjadi salah satu cara untuk mengajari anak belajar kerajinan tangan.

Jika tingkat kerajinan tangan yang lebih sulit, Mums dan Paps perlu memberikan arahan yang jelas dan mudah dipahami oleh anak. Dengan begitu, anak dapat menyelesaikan kerajinan tangan dengan benar.

Anak juga menjadi tidak cenderung menyerah pada pembuatan kerajinan tangan apabila tidak menemukan langkah selanjutnya.

Jadi, metode step by step itu juga penting ya Mums dan Paps! Jangan biarkan anak merasa tertinggal dan tidak ingin menyelesaikan karyanya.

  • Mengajarinya untuk Bertanggung Jawab Menyelesaikan Karyanya

Kreativitas dan pemecahan masalah menjadi salah satu cara Mums dan Paps untuk mengajari anak belajar kerajinan tangan.

Daripada menyerah dan memberikan sisa pekerjaannya kepada Paps, akan lebih baik jika anak diajari untuk diberikan solusi untuk dapat segera menyelesaikannya.

membuat kerajinan, origami kupu-kupu

  • Menoleransi Kesalahan dan Memberikan Penghargaan

Setiap kesalahan yang dibuat oleh anak mungkin disebabkan karena ketidaktahuan atau ketidaktelitian anak,. Nah, sebab itu Mums atau Paps jangan langsung marah, ya. Tetap berikan toleransi kepada Si Kecil agar anak tetap semangat melanjutkan karyanya.

Setelahnya, mungkin anak akan merasa bahagia karena karya kerajinan tangan yang dibuat telah selesai dan menjadi suatu karya.

Agar anak tetap bahagia dan semangat untuk membuat karya ke depannya, Mums dapat memberikan penghargaan (rewards) kepada anak.

Penghargaan tersebut bisa berupa membuatkan makanan kesukaan atau dengan cara lain. Jadi, setelah capek membuat kerajinan tangan ada waktu untuk makan bareng anak.

Yuk, jangan lupa coba metode yang satu ini Mums.

  • Mengajarinya untuk Selalu Menjaga Kebersihan
Baca juga :   Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan

Anak akan sangat senang dan merasa lega apabila bentuk kerajinan tangan yang dibuatnya telah selesai. Rasa kantuk, lapar hingga ingin bersantai membuat anak dengan segera meninggalkan tempat bermainnya.

Tapi, Mums perlu mengajarkan anak untuk tetap menjaga kebersihan dan kerapihan tempat bermainnya tadi loh! Jadi, ini juga menjadi kebiasaan yang baik bagi anak.

Begitulah Mums cara mengajar anak belajar membuat kerajinan tangan, perlahan tapi pasti! Dan yang penting bermanfaat bagi anak.