Cara Jitu Merawat Peralatan Dapur dari Kayu

merawat peralatan dapur dari kayu (2)ReviewBunda – Mums mungkin memiliki peralatan kayu di dapur rumah. Produk-produk yang terbuat dari kayu banyak digunakan sebagai peralatan dapur karena mengandung sifat antibakteri alami.

Bahkan, peralatan dapur dari kayu dapat melindungi makanan dari bakteri, kuman, dan jamur. Namun, tidak semua orang bisa merawat peralatan masak dari kayu.

Namun, mungkin masih banyak Mums yang belum tahu bagaimana cara merawat peralatan dapur dari kayu. Berikut panduan untuk Mums sekalian, seperti dilansir dari laman The Manual.

Tips Merawat Peralatan Dapur dari Kayu

  • Cuci bersih peralatan kayu dengan air panas

Perlatan kayu bisa dibersihkan dengan air panas. Jangan lupa gunakan sabun. Mums dapat menggunakan spons atau bantalan penggosok yang terbuat dari nilon jika ingin menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel.

  • Bersihkan dengan lap bersih

Setelah dicuci bersih, Mums dapat menyekanya dengan lap bersih. Mengelap peralatan kayu mencegah alat-alat masak Mums menyerap kelembaban, yang dapat mengakibatkan kayi mengembang dan mempercepat keretakan pada alat-alat tersebut.

  • Biarkan peralatan masak kayu sampai kering

Setelah dicuci dan diseka, biarkan peralatan masak kayu Mums kering dan jangan langsung menyimpannya.

Jika Mums menyimpan peralatan kayu saat kondisinya belum benar-benar kering, dapat membuat tetesan air yang terperangkap di celah kayu tidak keluar. Akibatnya, tetesan air tersebut bisa melengkungkan atau memecahkan kayu.

merawat peralatan dapur dari kayu (1)

  • Jangan direndam terlalu lama

Biasanya, setelah selesai memasak, Mums tergoda untk merendam peralatan masak semalaman dan baru dicuci keesokan harinya.

Namun, jangan lakukan hal ini untuk peralatan kayu ya, Mums. Ini karena, peralatan masak dari kayu karena sisa makanan bisa meresap ke dalam kayu dan mempercepat kerusakan.

  • Gosok dengan amplas

Takhanya peralatan masak dari logam saja y ang dapat digosok dnegn amplas, peralatan masak dari kayu pun juga bisa dirawat dengan cara ini.

Baca juga :   9 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik

Apabila Mums menemukan bintik-bintik kasar pada peralatan kayu, Mums bisa menggunakan amplas untuk memuluskan kembali perkakas kayu, lalu gosok dengan minyak. Cara ini bisa membuat peralatan masak Mums jadi seperti baru, loh.

  • Hilangkan noda dengan sabun

Sisa makanan yang tertinggal kerap meninggalkan noda pada peralatan memasak. Mums dapat menghilangkan noda tersebut dengan mencucinya dengan air panas serta sabun.

Selain itu, Mums bisa pula mencucinya dengan baking soda yang dicampurkan dengan lemon. Lalu gosok campuran tesebut di atas noda. Kemudian cuci bersih perkakas. Noda pn dijamin hilang.

Nah, itu dia Mums cara merawat peralatan dapur dari kayu. Yuk segera praktikkan pada perkakas kesayangan Mums di rumah agar tetap awet.