Begini Cara Membuat Pasir Mainan yang Aman

DIY & tools358 Views

membuat pasir mainan

ReviewBunda – Pasir mainan atau pasir kinetik merupakan salah satu mainana yang kini digemari oleh anak-anak. Bentuknya yang menyerupai pasir dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik Si Kecil.

Selain itu, pasir kinetik aman dimainkan di dalam rumah serta tidak mengotori lantai. Jenis mainan ini cocok dimainkan. terutama untuk Mums dan Paps yang tidak memiliki lahan luas untuk membuat box pasir luar ruangan.

Pasir kinetik pun memiliki warna-warna yang menarik perhatian anak untuk memainkannya. Kendati demikian, Mums dan Paps tetap harus mengawasi Si Kecil saat harus bermain dengan pasir ini, ya.

Nah, pasir kinetik kini dapat dibeli di toko mainan anak maupun toko online mana pun. Mums dan Paps juga dapat membuatnya sendiri loh.

Selain bahannya lebih aman, membuat sendiri pasir mainan untuk anak dapat mendekatkan Mums dan Paps dengan Si Kecil.

Manfaat Bermain Pasir untuk Anak

Sebelum membuat oasir kinetik dengan mandiri, Mums dan Paps perlu mengetahui segudang manfaat anak bermain dengan pasir.

Sebagaimana dikutip dari SehatQ, bermain pasir memberikan berbagai keuntungan bagi anak, yakni mengasah kreativitas dan imajinasi anak. Anak-anak yang bermain dengan pasir dapat membuat apa pun yang mereka inginkan.

Mums dan Paps tinggal menyiapkan pasir kinetik dan mainan lain seperti sekop atau ember sebagai wadahnya. Jangan lupa pula untuk memberikan mainan lain yang bisa mengasah kreativitasnya, seperti action figure atau boneka.

Bermain pasir juga mampup meningkatkan  kemampuan sosial dan komunikasi anak. Ini karena, saat bermain pasir, anak-anak dapat saling berbagi mainan.

Mereka juga dapat belajar memecahkan masalah bersama dengan Mums dan Paps atau bersama teman-temannya.

membuat box pasir

Manfaat lain yang diperoleh yakni mengenal tekstur. Mums dan Paps dapat mengenalkan anak dengan tekstur lain dari mainan yang selama ini ia mainkan.

Baca juga :   Ini Tips Membuat Box Pasir untuk Si Kecil

Bermain pasir pun bermanfaat u ntuk meningkatkan perkembangan sensorik. Ada tiga area sensorik Si Kecil yang dikembangkan.

Area pertama adalah sensori taktil yang berhubungan dengan indera peraba, deteksi getaran. Tekanan, dan suhu.

Area kedua adalah sensori proprioseptif yang berkaitan dengan kesadaran anak terhadap fungsi pada bagian tubuhnya.

Sedangkan area terakhir adalah sensori verbular yang berhubungan dengan kemampuan Si kecil untuk mengerti gerakan tubuh. Dengan demikian, ia bisa belajar untuk menyeimbangkan tubuhnya di atas permukaan pasir.

Ada lagi nih manfaat bermain pasir bagi Si Kecil. Dengan bermain pasir anak dapat meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata.

Mums dan Paps dapat mengajaknya  membentuk pasir dengan berbagai perlatan mainan yang ada. Dengan demikian, koordinasi antara kedua indera tersebut dapat terasah dengan baik.

Cara Membuat Pasir Mainan

Begini cara membuat pasir mainan untuk anak, seperti dilansir dari KumparanMOM. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Baby oil
  • Pewarna makanan
  • 9 cangkir tepung terigu
  • Pewarna makanan berbentuk serbuk

Sementara, alat yang digunakan yaitu:

  • Mangkuk berukuran besar
  • Mangkuk kecil-kecil

Cara membuat

  • Masukkan tepung terigu ke dalam mangkuk besar. Tuangkan pewarna makanan berbentuk serbuk ke dalam adonan.
  • Jika Mums dan Paps ingin membuat pasir mainan dengan warna-warna yang berbeda, pisahkah tepung terigu ke dalam mangkuk-mangkuk kecil. Kemudian campuran pewarna yang berbeda ke dalam mangkuk-mangkuk tersebut.
  • Lalu tuangkan 1,25 atau satu seperempat cangkir baby oil ke dalam adonan tepung yang telah diberi pewarna dan aduk sampai rata.
  • Jadi deh pasir mainannya.
  • Setelah itu, ajak Si Kecil bermain dengan pasir kinetik yang  telah dibuat.

Gimana? Mudah bukan membuat pasir mainan untuk Si Kecil? Lebih bak lagi jika Mums dan Paps bisa mengajaknya membuat pasir mainan bersama. Selamat mencoba…

Baca juga :   Cara Membuat Parfum Laundry Sendiri Agar Lebih Hemat