Cara Mudah Mengatasi Sepatu Kebesaran

Fashion, Tips836 Views

mengatasi sepatu kebesaran (2)ReviewBunda – Apakah Mums dan Paps pernah memiliki sepatu kebesaran? Pasti menyebalkan karena menjadi sulit digunakan atau menjadi bingung untuk mengakalinya agar pas dan tetap nyaman digunakan. Kali ini Momin akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi sepatu kebesaran atau kelebihan ukuran.

Akibat Pemakaian Sepatu yang Kebesaran

Pemakaian sepatu kebesaran dapat membuat Mums dan Paps akan merasa tidak nyaman dan aman. Bahkan, saat pemakaiannya akan rentan bagi kaki untuk mendapat lecet, kapalan, cantengan hingga tersandung.

Mungkin saja Mums dan Paps memiliki alternatif lain, seperti menggunakan kaos kaki berlapis (double shocks). Namun, dengan menggunakan kaos kaki berlapis akan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Selain itu, hal tersebut tidak direkomendasikan karena akan mengakibatkan keringat berlebih sebab terlalu pengap, sehingga kaki akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Yuk, langsung Momin kasih tau tipsnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran

  • Memberikan Ganjalan Busa

Sepatu kebesaran milik Mums atau Paps ingin dipakai saat ini juga? Memberikan ganjalan busa atau tisu dapat menjadi langkah alternatif untuk dapat mengurangi volume ukuran sepatu, sehingga dapat pas saat digunakan.

Mums dan Paps tinggal tambahkan busa atau tisu di bagian depan ujung jari kaki atau bagian belakang dekat dengan tumit. Ini menjadi salah satu cara mudah dan cepat jika sepatu ingin segera dipakai.

  • Akali dengan Menambahkan Insole

Insole merupakan salah satu bagian yang dapat digunakan sebagai pijakan untuk mengatasi masalah postur tubuh saat mengenakan sepatu. Sebab itu,  insole yang memiliki desain dengan bentuk kaki yang terbuat dari gumpalan busa empuk.

Umumnya, insole diletakkan antara sol sepatu dan telapak kaki. Cara satu ini dapat digunakan pada semua jenis sepatu.

Baca juga :   9 Rekomendasi Kacamata Style Terbaik

Dengan menggunakan insole, volume ukuran sepatu akan lebih berisi. Alhasil, sepatu tidak akan kebesaran dan dapat digunakan dengan nyaman. Tapi, Mums dan Paps harus tetap memeerhatikan material dasar insole agar terasa pas dan nyaman saat dipakai.

  • Memakai Gel Foot

Gel foot ini menjadi alternatif lain bagi Mums dan Paps yang memiliki sepatu kebesaran dengan bentuk yang tidak sesuai, seperti bagian dalam kaki yang tidak pas.

Gel ini berfungsi untuk menunjang bagian telapak kaki, jadi bentuk gel nya juga dapat Mums dan Paps beli sesuai dengan kebutuhan.

mengatasi sepatu kebesaran

  • Gunakan Heel Strip

Tips satu ini akan sangat efektif bagi Mums yang punya banyak sepatu tinggi (heels) atau sepatu kets kesayangan Paps.

Heels strip adalah ganjalan sepatu yang disematkan di bagian dalam posisinya tepat di belakang pergelangan kaki.

Selain untuk mengatasi heels Mums yang kebesaran atau sepatu kets kesayangan si Paps, heel strip juga dapat digunakan untuk menghindari lecet saat pemakaian.

Oh iya Mums, selain untuk sepatu tinggi punya Mums, heel strip juga bisa digunakan untuk flat shoes loh. Multifungsi banget ya, Mums.

  • Memakai Shoe Filler

Mirip dengan penggunaan dari heel strip, pemakaian shoe filler yang terbuat dari bahan dasar busa digunakan untuk mengisi ruang kosong pada bagian jari-jari kaki.

Jadi, bagi Mums dan Paps yang tidak nyaman dengan bagian ujung jari-jari kaki, shoe filler hadir untuk mengisi kekosongan ruang tersebut.

  • Menggunakan Shoe Tape

Shoe tape umumnya jarang  digunakan untuk mengatasi sepatu kebesaran. Tapi, dengan ukurannya yang besar seringkali membuat posisi tumit berpindah atau bahkan saat berjalan menimbulkan suara yang tidak nyaman yang bersumber dari tumit.

Baca juga :   9 Rekomendasi Merk Perlengkapan Outdoor Pilihan

Nah, Shoe tape bisa menjadi jawabannya. Tumit akan dengan mudah menempel pada bagian sol sepatu, sehingga ukuran sepatu yang besar tidak akan membuat Mums dan Paps menimbulkan suara saat berjalan.

  • Menggunakan Foot Pad

Foot pad atau pad socks merupakan ganjalan untuk telapak kaki yang berbentuk cekung. Umumnya, cara ini dipakai untuk Mums yang gemar berlatih balet. Namun, cara ini masih sangat tabu untuk digunakan sebagai cara mengatasi sepatu kebesaran.

mengatasi sepatu kebesaran 3

  • Menggunakan Air

Percaya nggak Mums, kalau salah satu cara untuk mengatasi sepatu kebesaran adalah dengan menggunakan air? Gimana caranya?

Mums hanya tinggal merendam sepatu kebesaran milik Mums. Jika sudah direndam untuk waktu yang cukup, Mums hanya perlu menjemurnya di bawah sinar matahari.

Inilah cara kerja bagaimana air dapat membuat sepatu kebesaran milik Mums menjadi lebih kecil. Saat proses pengeringan oleh sinar matahari, sepatu akan kering dan menciut, sehingga, akan lebih pas ketika sepatu digunakan.

Tapi, perlu dicatat ya Mums, kalau tidak semua jenis sepatu dapat menggunakan cara satu ini. Jenis sepatu dengan bahan kulit atau suede hanya perlu disemprot dengan jumlah air secukupnya, tidak perlu sampai direndam ya, Mums.

  • Menggunakan Karet Elastis (Elastic Band)

Jika Mums memiliki heels atau flat shoes kebesaran, Mums dapat menggunakan karet elastis. Dengan berbagai ukuran dan desain, elastic band atau karet elastis dapat menjadi solusi untuk sepatu kebesaran sekaligus menambah sentuhan aksesoris pada sepatu milik Mums, loh. 

  • Menambahkan Karet yang Dijahit

Apabila Mums dan Paps memiliki waktu luang, sepatu kebesarannya dapat dijahit terlebih dahulu dengan menambahkan karet di dalam bagian belakang sepatu.

Karet dijahit dalam keadaan renggang, sehingga setelah jahit dapat kembali ke ukuran semula dan membuat ukuran sepatu menjadi sedikit berkurang atau lebih kecil. Tenang aja, untuk cara satu ini Mums dapat mencari jasa tukang jahit sepatu kok.

Baca juga :   Tips Wawancara Kerja

 

Itulah cara mudah bagi Mums dan Paps untuk mengatasi sepatu kebesaran. Jadi, sekarang Mums danPaps tidak perlu khawatir lagi dengan sepatu yang tidak sesuai ukuran kaki Paps.