Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah, Bisa Kah?

memilih hijab sesuai bentuk wajah

ReviewBunda.com – Berbagai tren hijab kini mulai berkembang, mulai dari model penggunaan hingga bahan hijab itu sendiri. Namun, bisa kah Mums memilih hijab sesuai bentuk wajah?

Pertanyaan ini sering hinggap di kepala banyak wanita. Ini karena, tak sedikit Mums yang mengalami kendala memilih hijab yang sesuai model wajah.

Model hijab yang tidak sesuai dengan bentuk wajah akan membuat penampilan Mums jadi kurang maksimal dan on point. Mums dapat memilih hijab sesuai dengan bentuk wajah agar dapat tampil percaya diri.

Jadi, penting bagi Mums untuk mengetahui tips memilih hijab sesuai corak wajah. Yuk, simak bareng-bareng.

Tips Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Bentuk Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat umumnya memiliki posisi kening dan dagu sama dengan jarak kedua pelipis dan tulang pipi.

Tidak jarang posisi tersebut membuat Mums memiliki pipi tembem. Penggunaan ciput dapat mengurangi kesan pipi yang tembem. Namun, Mums jangan menggunakannya terlalu turun dari kening atau dahi.

Jenis bahan yang cocok untuk bentuk wajah bulat adalah jenis rajutan ringan, chiffon serat jagung, hingga crepe yang licin dan kaku. Jika tertarik, Mums pun dapat mencoba model hijab bermotif abstrak agar memberika kesan tidak terlalu chubby.

Momin menyarankan tips agar Mums dapat menghindari penggunaan model hijab bertumpuk yang justru membuat Mums terlihat semakin bulat.

Bentuk Wajah Lonjong atau Panjang

Mums dapat menggunakan bandana atau ciput yang menutupi sebagian dahi. Mums juga bisa memilih hijab dengan bahan yang sedikit tebal. Kedua tips tersebut dapat memberikan kesan volume lebih berisi pada wajah.

Baca juga :   Bolehkah Baju Bayi Disetrika? Ini Jawabannya

Dengan wajah lonjong, Mums dapat memilih model hijab bertumpuk, model turki (turban style) hingga lilit lapis. Turban style juga dapat menjadi salah satu model yang kini dijadikan referensi dalam berbusana loh, Mums. Tertarik untuk mencoba?

memilih hijab sesuai bentuk wajah

Bentuk Wajah Oval

Bentuk wajah oval menjadi salah satu bentuk wajah yang dianggap universal dan simeteris. Bentuk oval yang dirasa sempurna dan cocok untuk berbagai gaya pemakaian hijab, membuat pemilihan jilbab dengan bentuk wajah ini tidaklah terlalu sulit.

Jika Mums ingin menggunakan ciput, maka Mums bisa mengenakan model ciput ninja, ciput topi, hingga ciput maroko.

Untuk bahan hijab, Mums dapat mengandalkan bahan loose yang panjang, seperti pashmina. Pashmina menjadi salah satu keunggulan bagi Mums yang memiliki bentuk wajah oval, karena Mums hanya perlu mengikuti bingkai wajah.

Pashmina hanya tinggal dililitkan di sekitar kepala dengan longgar dan melipatnya di bawah dagu. Tidak salah juga jika Mums mencoba model hijab bertumpuk (layering) dengan bahan satin atau silk.

Apabila Mums lebih menyukai gaya hijab yang pas dengan bingkai wajah, maka Mums dapat memosisikan pashmina langsung tanpa penutup (dalaman ciput) ataupun tetap menggunakannya.

Momin merekomendasikan agar Mums menggunakan warna terang agar semakin terlihat berisi.

Bentuk Wajah Segitiga Terbalik (Diamond)

Bentuk wajah diamond memiliki konstruksi wajah dengan ukuran rahang yang sempit dan dagu yang runcing. Usahakan agar Mums tidak mengenakan hijab yang terlalu maju maupun terlalu mundur dari dahi.

Tips dari Momin, untuk tampilan yang lebih natural, Mums dapat memakai ciput topi yang melengkung, lancip atau sedikit longgar.

Hal tersebut dapat mengimbangi struktur dagu yang lancip sekaligus menghindari kesan dahi yang lebar. Posisi ciput yang pas akan membantu menyamarkan bentuk wajah yang runcing di bagian dagu.

Baca juga :   9 Rekomendasi Merk Pensil Warna Watercolor Pilihan

Bentuk Wajah Persegi

Ciri khas dari seseorang yang memiliki bentuk wajah persegi adalah posisi tulang pipi dan rahang yang memiliki panjang atau lebar yang hampir sama, seperti bentuk persegi.

Dilansir dari Popmama.com, seseorang dengan bentuk wajah persegi dapat menghindari penggunaan warna terang pada hijab, dengan bahan soft chiffon dan tanpa motif.

Dengan bantuan ciput, Momin menyarankan penggunaan hijab dengan model undercaps yang dapat menutupi sebagian pipi. Garis rahang yang tegas dapat diperhalus dengan bentuk hijab yang bulat.

 

Demikian ulasan mengenai tips memilih hijab sesuai bentuk wajah. Selamat mencoba di rumah ya Mums.