Tips Mudah Memelihara Furnitur Kayu agar Awet dan Tahan Lama

memelihara furnitur kayuReviewBundaKira-kira perabotan rumah mana yang Mums dan Paps incar minggu ini? Perabotan rumah atau furnitur berbahan dasar kayu menjadi salah satu peralatan rumah yang cukup unik dan memiliki nilai estetika tersendiri. Namun, memelihara furnitur kayu memang tidaklah mudah.

Perabot kayu terlihat elegan dan natural dapat menjadi alasan bagi Mums dan Paps memilih jenis furnitur ini. Memelihara furnitur kayu agar tetap awet terbilang cukup rumit. Di sinilah, Mums dan Paps akan merasakan tantangan tersendiri dalam memelihara furnitur kayu.

Akan lebih baik apabila Mums dan Paps mengetahui faktor pemicu kerusakan pada furnitur kayu, sekaligus cara melakukan perawatan yang benar dan tepat agar furnitur kayu tetap awet, kokoh dan tahan lama.

Oleh karenanya, Mums dan Paps dapat mengikuti tips memelihara furnitur kayu agar tetap awet digunakan.

Penyebab Rusaknya Furnitur Kayu

Tanda kerusakan furnitur kayu identik dengan kerusakan yang terlihat secara fisik. Umumnya, mungkin Mums hanya mengetahui perabbot kayu dapat rusak karena dimakan serangga seperti rayap dan jamur; atau pun sebab lain seperti pemudaran warna alami dan keretakan kayu.

Namun, nyatanya, terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab rusaknya furnitur kayu. Beberapa faktor tersebut antara lain faktor lingkungan, faktor kimiawi, hingga fisik furnitur kayu itu sendiri.

Faktor lingkungan dapat dilihat dari tingkat kelembaban dan kekeringan material kayu. Penempatan furnitur menjadi salah satu hal penting yang berkaitan dengan faktor satu ini, seperti pada area yang rawan bocor hingga paparan sinar matahari langsung.

Selanjutnya, faktor reaksi kimia berupa tumpahan cairan yang menimbulkan noda di atas furnitur kayu, seperti noda makanan maupun minuman. Terakhir, faktor fisik yang dapat dilihat dari keretakan alami pada kayu.

Baca juga :   Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

 

Tips Memelihara Furnitur Kayu Agar Tetap Awet, Kokoh, dan Tahan Lama

memelihara furnitur kayu 2

  •  Tidak Diletakkan di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Tingkat kelembaban kayu yang cukup tinggi dapat menyebabkan keretakan apabila perabot terkena sinar matahari langsung.

Selain itu, pancaran sinar matahari langsung yang menyorot pada furnitur dengan karakteristik material kayu yang kering, dapat dengan cepat membuat perabotan menyusut.

  • Pemilihan Tempat

Hindari penempatan furnitur kayu di sudut-sudut tempat yang mungkin rawan cipratan air hujan, seperti dekat dengan jendela, atap yang bocor, hingga dinding yang rembes atau di sudut ruangan dekat kamar mandi maupun dapur.

Hindari ya Mums! Karena hal ini dapat memicu pertumbuhan tumbuhan lumut hingga jamur, sehingga menyebabkan kebusukan.

  • Penggunaan Alas Tikar

Dengan beban material yang cukup berat, lebih baik apabila furnitur kayu menggunakan kain kesat di setiap sisi kaki atau sudut furnitur.

Selain lebih awet di tiap sudut furnitur, tips ini juga berguna untuk menghindari kerusakan pada lantai rumah Mums, loh.

memelihara furnitur kayu 3

  • Melakukan Waxing

Waxing pada furnitur kayu dilakukan dengan mengoleskan lilin kayu pada permukaan kayu, kemudian menyekanya menggunakan kain katun.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban kayu yang dijamin ampuh dan efektif mencegah perabot mengering dan berubah bentuk, yang bertujuan memperpanjang umur pakai furnitur.

  • Membersihkan Furnitur Kayu dengan Sisa Teh

Mums, tahu kah kalau teh bisa digunakan sebagai pembersih noda pada furnitur kayu? Yap, teh menjadi salah satu benda yang efektif untuk menghilangkan noda pada perabot  jenis ini. Mums tinggal mencelupkan dan/atau merendam kain lap ke dalam seduhan teh sisa.

Lalu, usapkan kain lap ke permukaan furnitur kayu yang memiliki noda dan ingin dibersihkan. Setelahnya, Mums hanya tinggal menunggunya sampai kering. Mudah bukan?

  • Penggunaan Cairan Anti Jamur, Anti Rayap hingga Cat Pelapis Kayu (Coating)

Tips satu ini merupakan tips paling ampuh dan laris manis digunakan untuk memelihara furnitur kayu agar tetap awet. Mums dapat menggunakan coating dapat membuat permukaan perabot kayu agar tampak lebih berkilau.

Baca juga :   Dikondisi Apa Saja Bayi Tidak Boleh Mandi?

Paps  juga dapat melakukannya secara berkala bahkan pada furnitur kayu yang sudah terlihat kusam. Ini karena, penggunaan coating akan memudar seiringnya waktu.

Nah, kira-kira gitu ya Mums dan Paps tips seputar memelihara furnitur kayu agar tetap awet. Semoga terbantu…