Bagaimana Cara Merawat Kuku Bayi Baru Lahir?

Ibu & anak349 Views

merawat kuku bayi baru lahirReviewBunda – Kuku bayi baru lahir masih sangat lembut dan sangat mungil. Mungkin terlihat lucu dan menggemaskan ya Mums, tapi ternyata Mums harus memotongnya loh! Mums dan Paps udah siap menyimak belum? Yuk, kita mulai.

Kondisi Kuku Bayi Baru Lahir

Pertama, wajib untuk Mums ketahui kondisi kuku bayi baru lahir. Kuku bayi yang baru lahir sangatlah mungil dan masih sangat lembut atau lunak. Mungkin Mums dan Paps akan berpikir kalau kuku bayi baru lahir masih lunak pasti tidak tajam, sehingga Mums dan Paps jadi ragu untuk memotong kuku bayi baru lahir.

Karena kondisi kuku bayi baru lahir masih sangat lunak, justru Mums dan Paps sudah seharusnya memberikan perlakuan khusus untuk melakukan perawatan kuku Si Kecil.

Mums atau Paps juga harus sangat berhati-hati dan teliti saat akan memotong kuku bayi baru lahir. Kondisi bayi baru lahir yang tiba-tiba menggerakkan tubuhnya saat kukunya dipotong bahkan terkaget, mungkin saja mendapat luka yang tidak disengaja.

Apakah Kuku Bayi Baru Lahir Harus Dipotong?

Meskipun ciri khas kuku bayi yang baru lahir masih lembut dan fleksibel, tidak menjadi alasan bagi Mums dan Paps untuk membiarkannya tumbuh terlalu panjang ya.

Dilansir dari Alodokter.com, kondisi kuku bayi baru lahir cenderung tumbuh lebih cepat. Karena itu,  Mums atau Paps disarankan agar memotong kuku Si Kecil paling tidak 1 minggu sekali.

Kuku bayi yang tumbuh terlalu panjang dapat membentuk kuku yang tajam, kasar dan tidak terawat. Jika hal tersebut terjadi, wah Mums dan Paps pasti tau!

Bayi akan sering menggaruk bagian tubuhnya, seperti pipi, wajah, dan lainnya. Akhirnya, akan terdapat banyak bagian tubuh yang lecet dan mengakibatkan luka.

Baca juga :   List Biaya Les Privat di Solo Investasi untuk Masa Depan Pendidikan

Jadi, sudah pasti kalau Mums dan Paps harus memastikan kuku bayi terpotong dan terawat demi kebersihan dan kesehatan bayi.

Bagaimana Cara Merawat Kuku Bayi?

Untuk merawat kuku bayi baru lahir, Mums dan Paps dapat menggunakan gunting kuku khusus bayi. Jangan gunting kuku khusus orang dewasa ya Mums! Karena ukuran keduanya itu sudah pasti berbeda. Mums dan Paps dapat mengikuti tips dari Momin untuk merawat kuku bayi, yuk!


  1. Pilih Waktu yang Tepat!

Mums, ada 2 waktu yang tepat dan terbaik untuk menggunting kuku bayi adalah saat Si Kecil tertidur atau setelah mandi.

Saat tertidur, bayi akan lebih sedikit bergerak dan tidak rewel. Selain itu, waktu lainnya adalah setelah memandikan Si Kecil. Mums dapat membersihkan kuku bayi saat sedang mandi.

Kuku yang telah dibersihkan atau setidaknya terkena air pada saat mandi, akan sedikit melunak. Setelahnya, kuku bayi juga akan menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk digunting. Gunakan waktu tersebut untuk memotong kukunya ya Mums!


  1. Pilih Posisi yang Nyaman untuk Menjangkau Kuku Si Kecil

Pangkuan Mums adalah posisi ternyaman untuk Mums dapat menjangkau kuku Si Kecil. Mums juga dapat memosisikan bayi dengan telentang di tempat tidurnya. Wah, dijamin pasti anteng karena ngantuk nih Mums!

Namun, Mums pada saat memotong kuku kaki bayi Mums harus ekstra sabar dan teliti ya. Rasa geli akan timbul dan membuat Si Kecil menjadi lebih sering bergerak.

merawat kuku bayi baru lahir


  1. Jangan Memotong Kuku Bayi Terlalu Dalam atau Pendek

Mums, akan lebih baik untuk tidak memotong kuku bayi terlalu dalam atau pendek, karena dapat melukai jari Si Kecil akibat tergunting secara tidak sengaja.

Baca juga :   9 Rekomendasi Merk Susu Formula Terbaik untuk Bayi & Anak Terbaik

Jangan lupa untuk gunting bagian pinggir kanan dan pinggir kiri sudut kuku agar tidak tajam dan menusuk ke bagian sisi kuku Si Kecil.


  1. Gunakan Pelembab Tangan untuk Bayi

Setelah menggunting kuku, umumnya kuku bayi akan terasa sedikit kasar, sebab itu Mums perlu menggunakan krim khusus bayi.

Selain itu, tangan bayi cenderung memiliki bercak kering dan sering mengelupas, sehingga Mums perlu pelembab (lotion) untuk tangan Si Kecil.

Bagaimana jika Si Kecil rewel dan menolak untuk digunting kukunya? Mums dapat menggunakan kikir kuku. Ya betul, kikir kuku seperti di salon itu loh, Mums.

Dilansir dari kumparanMOM.com, kikir kuku menjadi salah satu metode gunting kuku paling aman untuk dapat digunakan sebagai alat memperpendek serta menghaluskan kuku bayi baru lahir.

Sebagai langkah antisipasi dari Mums untuk menghindari luka lecet atau sejenisnya akibat garukan dari kuku Si Kecil, Mums dapat memakaikan sarung tangan bayi.

Bahkan, kaki kuku bayi cenderung tumbuh ke dalam. Pasti Mums tau rasa sakitnya bukan? Selain, sarung tangan untuk tangan bayi, kaus kaki juga menjadi salah satu item yang harus Mums punya untuk menjaga agar kaki Si Kecil terlindungi.

Dengan demikian, kegiatan bermain yang aman untuk bayi menjadi kegiatan positif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik maupun sensorik Si Kecil. Yuk, Mums dan Paps berikan Si Kecil dengan mainan aman dan bersifat edukatif.

Nah, itu dia Mums, cara mudah merawat kuku bayi baru lahir. Jangan lupa praktikkan untuk Si Kecil, ya.

Baca juga :   Pilihan Deterjen Bayi dengan Aroma Segar dari Bahan Tumbuhan