Inilah Ciri Perubahan Tubuh Wanita Hamil, Mums Wajib Tahu!

Ibu & anak304 Views

5 perubahan awal wanita saat hamil

ReviewBunda – Saat hamil, wanita cenderung mengalami perubahan awal pada tubuhnya. Meski demikian, tak sedikit kaum Hawa yang tidak menyadari perubahan tubuh wanita hamil ini.

Ini cukup beralasan, Mums, sebab tanda kehamilan setiap wanita berbeda. Sebenarnya, beberapa tanda kehamilan sudah terlihat pada minggu pertama. Apa saja?

Perut membesar

Perubahan perut menjadi besar pada trimester pertama kehamilan biasa dialami para wanita. Namun, perubahan ini kerap kali tidak dirasakan oleh semua wanita hamil. Umumnya kondisi perut membesar sudah terlihat pada trimester pertama.

Namun, perut yang membesar pada awal kehamilan bisa saja tak terlihat, khususnya jika Mums memiliki tubuh kurus. Jika ini terjadi, jangan khawatir. Mums bisa mencoba meningkatkan berat badan yang sesuai demi tumbuh kembang sang buah hati. 

Nafsu makan bertambah

Selain perut yang mulai membesar, nafsu makan akan cenderung bertambah saat memasuki masa hamil. Ini terjadi karena ada kehidupan baru dalam tubuh Mums yang juga membutuhkan asupan nutrisi.

Biasanya wanita hamil akan makan dalam porsi banyak dan cepat merasa lapar kembali. Maka tak heran jika pada trimester pertama, berat badan Mums bisa bertambah antara 1,5-3 kilogram.

Perubahan pada kulit dan organ vital

Pada awal kehamilan, kulit serta organ vital wanita (vagina) juga akan mengalami perubahan. Pada sebagian wanita hamil, kulit menjadi lebih bercahaya dari biasanya. Kondisi ini disebabkan adanya perubahan hormon dan sirkulasi darah menjadi lancar sampai ke kulit.

Selain itu,  organ vital akan menebal dan jadi kurang sensitif. Cairan dalam organ vital Mums juga akan meningkat, bahkan bisa terjadi keputihan. 

Baca juga :   Tumbuh Kembang Anak bersama Mainan Anak Mobil Batrei

Perubahan tubuh wanita hamil

Payudara terasa nyeri

Wanita hamil juga akan mengalami hal berbeda pada bagian payudara. Pada pekan kedua atau ketiga setelah terlambat haid mulai terjadi perubahan pada payudara.

Organ wanita ini cenderung jadi lebih sensitif, lunak, dan terasa nyeri. Ukuran payudara juga akan bertambah besar, terasa lebih berat dan penuh.  

Morning sickness

Salah satu perubahan awal yang dialami wanita saat hamil adalah kerap merasa mual dan muntah (morning sickeness). Kondisi ini terjadi lantaran adanya perubahan hormon pada tiga bulan pertama kehamilan. Gejala morning sickness ini biasanya akan hilang pada bulan ketiga masa kehamilan.

Nah, itu dia ulasan singkat beberapa perubahan awal yang terjadi pada tubuh wanita saat hamil. Jika Mums mengalami keluhan, khususnya pada awal kehamilan, segera konsultasikan ke dokter, ya.