Segudang Manfaat Memasak Bersama Anak

ReviewBunda – Memasak bersama anak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, baik bagi Mums dan Paps, maupun bagi Si Kecil.

Aktivitas memasak tidak hanya mengajarkan anak untuk bisa menyiapkan makanannya sendiri, namun juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut penjelasannya…

Manfaat Memasak Bersama Anak

  • Melatih keterampilan hidup

Keterampilan memasak sangat penting dikuasai oleh setiap orang. Ini karena, memasak merupakan salah satu keterampilan bertahan hidup.

Dengan belajar memasak mulai usia muda, Si Kecil dapat mengembangkan keterampilan tersebut saat dewasa nanti.

  • Mengenalkan rasa ke anak

Belajar memasak pada usia dini bermanfaat pula untuk mengenalkan beragam jenis rasa kepada anak. Si Kecil yang terbiasa dengan berbagai macam rasa akan menghargai makanan dengan rasa dan tekstur yang berbeda.

Melansir laman Healthy Little Foodies, anak yang terlibat dalam proses memasak akan lebih tertarik untuk mencoba makanan baru.

Semakin dini Mums dan Paps memulai mengenalkan memasak kepada Si Kecil, semakin baik pula anak dalam merespons suatu masakan. Mereka juga akan menghargai beragam jenis makanan yang disediakan.

  • Anak lebih bahagia

Manfaat tak terlihat dari mengajarkan memasak bersama anak adalah mereka menjadi lebih bahagia. Suatu penelitian yang dipublikasikan di jurnal Public Health Nutrition dan diterbitkan oleh Cambridge Univesity Press menyebutkan, anak yang cenderung makan makanan rumahan secara teratur cenderung lebih bahagia dan lebih sehat. Ini karena, mereka mengonsumsi lebih sedikit gula dan makanan olahan.

  • Mengembangkan keterampilan motorik

Ada beberapa gerakan dalam memasak yang mampu mengembangkan keterampilan motorik anak, seperti mengaduk, mengukur, menggulung, meremas, dan menyebarkan. Beberapa tugas dapur ini pun dapat mengembangkan koordinasi antara tangan dan mata Si Kecil.

  • Melatih indera penciuman, peraba, dan penglihatan
Baca juga :   9 Rekomendasi Shampo Hijab Pilihan

Anak yang berada dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan memasak, secara langsung berlakukan aktivitas seperti menyentuh, merasakan, mencium, mengamati, hingg mendengarkan.

Inilah sebabnya, dapur merupakan tempat yang cocok bagi anak untuk belajar mengembangkan berbgai indera yang mereka miliki.

  • Mengembangkan keterampilan berbahasa

Mums dan Paps mungkin terkejut, kok bisa memasak dapat melatih keterampilan berbahasa anak? Ini karena, selama memasak, Mums dan Paps bebicara langsung dengan Si Kecil melalui perintah. Mereka pun juga belajar mengerti kata serta istilah baru.

Seiring bertambahnya usia Si kecil, anak dapat menjelaskan kepada orangtua apa yang mereka lihat, cium, dan rasakan.

Selain itu, anak pun bisa berlatih keterampilan membaca resep. Bahkan mungkin bisa membuat resepnya sendiri. Menarik bukan?

  • Belajar menghitung

Dalam proses memasak, terdapat beberapa aturan untuk menghasilkan makanan yang bercita rasa, seperti takaran yang benar, dan lainnya.

Nah dengan memasak bersama anak, Mums dan paps dapat mengajari Si Kecil menghitung takaran. Misalnya mengenalkan angka dengan memberikan tiga sendok makan gula ke adonan atau dengan cara lain.

memasak bersama anak

Dengan melibatkan anak dalam proses memasak, Mums dan Paps telah menciptakan laboratorium mini untuk Si Kecil belajar dan bereksplorasi.

Anak dapat melihat perubahan warna dan bentuk dari adonan menjadi masakan yang dapat dimakan. Mereka pun dapat melatih perkembangan indera-indera yang ada dalam tubuhnya dan memanfaatkannya dengan baik.

Dapur pun menjadi tempat yang pas bagi orangtua untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dengan buah hati.

Memasak bersama anak dapat menjadi tempat yang pas juga untuk membicarakan resep atau tradisi keluarga, atau pun sekadar mengajarkan kehidupan sehari-hari.

Anak-anak pun dapat lebih bangga ketika mereka berhasil menyiapkan hidangan untuk mereka sendiri atau keluarga.

Baca juga :   4 Rekomendasi Merk Dispenser Terbaik dengan Kualitas Unggul untuk Kebutuhan Anda

Dengan semua manfaat yang diperoleh dari memasak bersama anak. Tunggu apa lagi? Ajak Si Kecil mengenal dapur sekarang juga….