Tren Podcast Parenting dan Manfaat dalam Pengasuhan

Ibu & anak300 Views

podcast parentingReviewBunda – Saat ini banyak anak muda di Indonesia yang menilik podcast atau siniar sebagai alternatif hiburan. Sebenarnya, apa itu podcast? Podcast adalah salah satu siaran konten yang lebih fleksibel. Tidak seperti radio dan televisi, podcast dapat dinikmati di internet dan bisa diputar kapan pun serta di mana pun. Dalam dunia pengasuhan pun, kini banyak bertebaran podcast parenting yang digemari orangtua di Indonesia.

Yuk simak sejarah dan asal-usul podcast dan manfaatnya dalam parenting.

Sejarah Singkat Podcast

Sejarah podcast tak lepas dari kiprah perusahaan raksasa teknologi dari AS, Apple, yang meluncurkan fitur podcast melalui perangkat iPod pada 2004.

Pada waktu itu, seorang video jockey (VJ) MTV Adam Curry dan software developer Dave Winer mengembangkan sebuah teknologi yang mampu mengunduh siaran radio dan disiarkan online secara langsung di internet, tentunya melalui iPod.

Pada bulan Februari tahun 2004, seorang jurnalis dari The Guardian, Ben Hammersley mempopulerkan istilah podcast yang berasal dari kepanjangan play on demand and broadcast.

Tak lama setelah itu, podcast pun mulai dikenal. Pada bulan Oktober 2004, penyedia podcast pertama, yakni Libsyn.com (Liberated Syndication) memulai siaran pertamanya. Podcast pun mulai berkembang.

Kini, tak hanya penyiar independen yang mengeluarkan podcast, media besar pun berlomba-lomba menciptakan siniar agar konten mereka relevan dan dapat dinikmati oleh generasi saat ini.

Misalnya saja, NPR, BBC, hingga VoA yang juga menyuguhkan podcast untuk berbagai kebutuhan, baik itu menyiarkan siaran berita maupun hiburan bagi pemirsanya.

Baca juga :   9 Rekomendasi Deterjen Baju Bayi Terbaik

podcast parenting

Rekomendasi Podcast Indonesia

Di Indonesia sendiri, akhir-akhir ini tren podcast sudah menjamur. Banyak kalangan mulai mempertimbangkan menyiarkan ide-ide dan gaagsan maupun perbincangan mereka melalui kanal siniar. Berikut ini adalah daftar podcast di Indonesia:

  • Podkesmas

Podkemas atau Podcast Kesehatan Masyarakat merupakan siniar yang dibawakan oleh beberapa selebritas terkenal Tanah Air, seperti Imam Darto, Ananda Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Nggok.

Percakapan dan topik yang diangkat pun berhasil mengocok perut pendengarnya. Hal inilah yang membuat Podkesmas laris manis didengarkan oleh para pecinta siniar di Indonesia. Podkesmas juga berhasil menduduki puncak teratas dalam daftar podcast terpopuler di Spotify.

  • Unfaedah

Sesuai dengan namanya, podcast ini mengusung konsep menceritakan tentang segala hal yang dibawakan oleh para penyiarnya.

Orang-orang di balik podcast Unfaedah merupakan komunitas yang menamakan diri sebagai Lawless dan kerap membahas kegemaran mereka akan kuliner, motor, musik heavy metal, dan lainnya.

  • Do You See What I See

Indonesia memang tak pernah kekurangan orang-orang kreatif. Podcast Do You See What I See menyajikan cerita-cerita horor dan misteri yang dikemas secara apik.

Kebanyakan konten yang dihadirkan merupakan kisah-kisah horor dari para pendengarnya.

  • Podcast Raditya Dika

Setelah sukses berkarier sebagai penulis dan komika, Raditya Dika pun turut meramaikan dunia siniar di Indonesia. Sesuai namanya, Podcast Raditya Dika dibawakan sendiri olehnya.

Radit – panggilan akrabnya- memandu acara dengan gaya talkshow dibalut humor yang cerdas. Ia pun kerap mengangkat tema-tema yang sedang hangat dibicarakan saat ini.

Lalu Apa Pentingnya Podcast Parenting Saat Ini?

Dengan hadirnya podcast, semua orang kini dengan mudah memperoleh informasi maupun hiburan dari berbagai channel siniar yang ada. Lalu apa pentingnya keberadaan siniar dengan pengasuhan anak?

Baca juga :   9 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak Berkualitas Terbaik

Podcast dapat memberikan perspektif parenting baru bagi orangtua dalam pengasuhan anak dengan cara yang lebih menyenangkan. Sudah bukan rahasia umum lagi bila  generasi saat ini lebih menyukai konten audiovisual maupun audio semata.

Dengan keberadaan siniar, informasi penting seperti kesehatan anak, bagaimana cara menangani anak, dan informasi lainnya dapat didengarkan dengan cara yang lebih menyenangkan bagi orangtua. Lantas, tunggu apa lagi? Yuk dengarkan podcast parenting untuk menunjang tumbuh-kembang Si Kecil.

Daftar Podcast Parenting Indonesia

podcast parenting

  • Obrolan Meja Makan

Podcast Obrolan Meja Makan bisa menjadi alternatif bagi Mums dan Paps yang ingin mendengarkan hal-hal seputar parenting. Topik yang diangkat seputar pengasuhan anak dengan balutan obrolan yang menghibur.

  • Dunia Rania

Dunia Rania adalah siniar yang menceritakan kehidupan remaja dari sudut pandang seorang gadis bernama Rania. Berbeda dengan podcast lain yang diproduksi dengan format obrolan, Dunia Rania menghadirkan konsep drama dalam setiap episodenya.

Konsep drama yang dihadirkan mirip seperti film berseri, sehingga cerita di Dunia Rania memiliki kesinambungan dalam setiap episodenya.

Sama seperti film, podcast pun dapat memberikanpembelajaran bagi orangtua dan anak, khususnya remaja untuk meningkatkan kapasitas diri dalam parenting, tentunya dengan cara yang relevan saat ini.

  • SKWAD Parents

SKWAD Parents hadir dengan tujuan memberi inspirasi bagi orangtua sekaligus membantu pasangan muda, khususnya pengantin baru untuk meningkatkan pengetahuan dalam cara pengasuhan paling modern.

Topik yang dibahas pun tak sekadar pola asuh anak, namun ada juga finansial, persiapan kehamilan, sisi lain pernikahan, hingga resep baru membuat makanan pendamping ASI (MPASI) sendiri.

  • MomsTalk

MomsTalk merupakan podcast yang berfokus pada pengasuhan anak dan bayi. Siniar ini menghadirkan obrolan lucu namun serius dari dua orang host yang pasti membuat hari Mums dan Paps menjadi lebih ceria.

Baca juga :   Nama Anak Melayu yang Indah Untuk Bunda

Obrolan yang disajikan juga beragam, mulai dari topik perawatan bayi, kandungan, hingga pengasuhan bayi dan anak.

Siniar ini dipersembahkan oleh Doodle Exclusive, sebuah perusahaan produk perawatan bayi yang berfokus pada perawatan bayi sesuai dengan kondisinya.

MomsTalk dapat didengarkan di channel Spotify, Apple Podcast, Noice, dan Youtube Doodle Exclusive.