4 Cara Membantu Anak Menghadapi Emosinya

Ibu & anak429 Views

Yuk, Belajar Ngatur Emosi Anak!

Halo, Sobat! Kita semua tahu dong, punya emosi itu wajar banget dalam hidup kita. Tapi, sering kali kita pikir anak-anak harus selalu kuat dan tahan banting dengan emosinya. Padahal, kalau kita terus-menerus ‘ngedidik’ mereka buat takut sama emosi mereka sendiri, kita sebenarnya malah bikin masalah baru, lho!

4 Cara Membantu Anak Menghadapi Emosinya

4 Cara Membantu Anak Menghadapi Emosinya

Real Talk Aja, Yuk! Pesan gue sih simpel: jadi diri sendiri aja. Kalau lagi kesal, ya bilang aja kesal. Begitu juga anak-anak, biar mereka ngerti, “Oh, kalau aku marah, aku harus ngapain nih?” Atau “Kalau aku sedih, aku harus gimana?” Nah, kalo bisa kasih tau mereka empat cara buat ngatur emosi, mulai dari yang nomor satu, yaitu tubuh mereka.

1 Badanmu Ngerasa Gimana?

Coba tanya ke anak, “Emosi itu terasa kayak apa sih di badan?” Kayak kalo lagi kebakar, pasti sakit kan, terus lama-lama ilang. Nah, emosi juga gitu!

2 Terima Emosi yang Ada

Emosi itu sebenarnya cuma ‘nunjukin’ hal-hal di sekitar kita. Misalnya, marah itu nandain ada yang enggak adil. Sedih itu artinya kita kehilangan sesuatu yang penting. Takut itu buat kita tetap aman.

3 Pilih Kata-kata dengan Bijak

Ketiga, hati-hati sama omongan kita ke anak. Karena apa yang kita bilang bisa jadi pikiran mereka tentang diri sendiri, loh!

4 Kenali Anakmu

Terakhir, ngertiin anakmu itu penting banget. Setiap anak tuh unik, beda-beda. Ada yang lebih suka sendirian kalo lagi susah, ada juga yang butuh teman ngobrol. Kenali dirimu dan kenali anakmu, biar bisa ngadepin masalah dengan kepala dingin.

Ortu Juga Manusia, Enggak Harus Sempurna Kita semua pasti pernah salah, kan? Misalnya, tiba-tiba teriak ke anak. Nah, kalo itu terjadi, yuk, kita ‘memperbaiki’. Ngaku salah itu bukan berarti kita lemah, tapi itu menunjukkan keberanian kita, dan anak bisa belajar dari kita tentang pentingnya bertanggung jawab.

Baca juga :   9 Rekomendasi Novel Anak Terbaik yang Bisa Membuatnya Senang Membaca

Minta Tolong Itu Oke! Terakhir, kalo kita sebagai ortu merasa kewalahan, gak ada salahnya kok minta bantuan. Cari seseorang yang bisa ngertiin kamu, tanpa menghakimi. Mungkin butuh teman curhat, atau bahkan bantuan profesional. Pokoknya, cari yang pas dan bikin kamu nyaman. Semangat, ya!